Thursday 30 March 2017

Belajar dengan Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK)

Kenapa terkadang kita sulit untuk menemukan cara efektif untuk belajar? Atau kenapa ketika kita sudah berusaha keras belajar, tetapi ilmu yang kita tangkap sepertinya masih sedikit?

Mungkin disini adalah permasalahan metode belajar yang kita gunakan. Maka dari itu yang paling utama untuk diperbaiki adalah metode nya dahulu.

Dalam belajar, kita harus melibatkan indera penglihatan (visual), pendengaran (auditory), dan indera perasa (kinesthetik). Semakin banyak indera kita yang terlibat, maka akan semakin cepat kita menangkap pelajaran yang baru tersebut.

Contohnya adalah kita belajar melalui bacaan, gambar, infografis serta mapping (visual), lalu bisa dengan menonton video (visual-auditory), mendengarkan audio penjelasan serta tips dan trik (auditory), dan untuk melengkapinya kita harus langsung merasakan dan mempraktekkan apa ilmu yang baru saja kita dapat tersebut (kinesthetic). Sehingga kita bukan cuma sekedar tahu, tapi juga BISA.

Misalnya dalam belajar bahasa inggris, kita bisa mulai dengan mendengarkan audio dan juga video English, sering membaca bacaan English, serta langsung mempraktekkan dalam berbicara nya. Ini bisa  dimulai dari hal yang paling mudah.



Ikuti Sosmed Generasi Belajar lainnya di:
Instagram: @generasibelajar
Facebook: Generasi Belajar
Twitter: @generasibelajar

Line: @ile7021n

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...