Thursday 30 March 2017

Sam Ratulangi

Selamat pagi teman-teman Generasi Belajar. Pagi ini kita akan membahas biografi salah satu aktivis kemerdekaan Indonesia asal Sulawesi Utara, yaitu Sam Ratulangi.

Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi lahir pada 5 november 1890. Sejak kecil Sam Ratulangi sudah harus merantau dari Tomohon ke Manado. Lalu dari Manado lalu melanjutkan pendidikan setingkat SMA di Jakarta. Setamat dari SMA, Sam Ratulangi melanjutkan Kuliah ke Amsterdam Belanda, dan melanjutkan perantauannya ke Swiss untuk mengambil gelar Doktor. Dan ia adalah Doktor Ilmu pasti pertama yang dilahirkan di Indonesia yang sekolah nya di luar negeri (Tahun 1940-an).

Quote Inspirasi nya yang terkenal adalah “Si tou timou tumou tou” yang artinya “Manusia baru dapat disebut sebagai manusia jika sudah memanusiakan manusia”. Karna saat itu banyak sekali orang merasa sudah menjadi manusia walaupun mereka belum bisa memanusiakan orang lain. Padahal kita sebagai manusia dituntut untuk selalu bersosialisasi dan turut membantu satu sama lain.

Saat ini nama Sam Ratulangi diabadikan menjadi nama Bandara yang ada di Manado, lengkap dengan Quote nya Si tou timou tumou tou.



Ikuti Sosmed Generasi Belajar lainnya di:
Instagram: @generasibelajar
Facebook: Generasi Belajar
Twitter: @generasibelajar
Line: @ile7021n

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...