Thursday 30 March 2017

Bang Andrea Hirata

Andrea Hirata yang lahir dengan nama Aqil Barraq Badruddin Seman Said Harun lahir di Gantong, Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung. Hirata menulis Novel Laskar Pelangi pada tahun 2005 yang merupakan kumpulan pengalaman masa kecilnya di Belitong. Ia menggambarkan novel ini sebagai “Sebuah ironi tentang kurangnya akses pendidikan bagi anak-anak disalah satu pulau terkaya di dunia”. Novel ini terjual 5 juta eksemplar, dan juga menjadi rujukan penelitian bagi civitas accademica tentang pendidikan di Indonesia. Setelah Novel Laskar Pelangi, menyusul trilogy novel Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karprov.

Setelah menyelesaikan Pendidikan hingga SMA di Belitong, Hirata memutuskan untuk merantau ke Jakarta dan bekerja keras sehingga bisa mendapatkan pendidikan tinggi di bidang ekonomi Universitas Indonesia. Meskipun studi mayor yang diambil ekonomi, ia amat menggemari sains, kimia, biologi, astronomi dan sastra. Setelah menerima beasiswa dari Uni Eropa, dia mengambil program master di Eropa pertama di Universitas Paris, lalu di Universitas Sheffield Hallam di Inggris. Tesis nya di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari Universitas tersebut dan ia lulus cumlaude. Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi ilmiah.

Penghargaan Andrea Hirata lainnya adalah Buch Awards Jerman 2013, Festival Buku New York 2013 (General fiction category), Honorary Doctor of Letters (Hon DLitt) dari Universitas Warwick 2015.

Dari keuntungan Tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata membangun Museum Kata di Belitong, dan saat ini menjadi magnet wisata bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Ikuti Sosmed Generasi Belajar lainnya di:
Instagram: @generasibelajar
Facebook: Generasi Belajar
Twitter: @generasibelajar
Line: @ile7021n

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...