Thursday 30 March 2017

Jenis-Jenis Beasiswa Luar Negeri

Yang pertama adalah Beasiswa Penuh. Beasiswa jenis ini akan membayar semua jenis pengeluaran teman-teman saat keluar negeri. Mulai dari uang kuliah, uang akomodasi, biaya hidup, hingga tiket pp semuanya sudah ditanggung. Dan ada juga beberapa beasiswa yang memberi tambahan uang saku, uang buku, uang liburan, hingga uang tunjangan untuk anak istri, asiikk yaa ^^

Yang kedua adalah Beasiswa Parsial (Beasiswa Tidak Penuh). Jenis beasiswa ini hanya memenuhi sebagian biaya hidup dan biaya kuliah. Beasiswa ini biasanya menjadi bagian dari pendanaan lengkap untuk studi lebih lanjut. Beasiswa parsial biasanya didanai oleh lembaga pendidikan khusus. Untuk mendapatkan beasiswa ini, biasanya seorang pelajar harus mengikuti beberapa jenis tes. Contoh beasiswa parsial adalah beasiswa untuk atlet berprestasi atau hibah untuk mahasiswa kurang mampu yang disalurkan melalui yayasan tertentu.

Jenis beasiswa yang ketiga adalah Pertukaran Pelajar. Pertukaran pelajar adalah sebuah program dimana siswa dari sekolah menegah atau mahasiswa bertukar belajar di lembaga pendidikan lain. Sebuah pertukaran pelajar mungkin melibatkan hubungan internasional antara dua lembaga. Contoh pertukaran pelajar adalah program National Student Exchange (NSE) yang menawarkan penempatan pelajar asing di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Yang keempat yaitu Beasiswa Konferensi/Seminar Internasional. Adalah program beasiswa untuk menyediakan bantuan finansial bagi staf dan relawan yang berencena menghadiri suatu konferensi. Program  ini dikembangkan oleh lembaga yang menawarkan dana untuk membantu individu menghadiri konferensi tertentu. Contoh beasiswa konferensi/seminar internasional adalah program National CASA Annual Conference di Texas dan ARSL Conference Scholarship di Vermont.

Volunteership. Beasiswa kegiatan social/volunteership adalah bantuan keuangan yang diberikan sebagai pengakuan terhadap para relawan yang dalam kegiatan social suka rela. Penerima beasiswa biasanya memiliki sejarah kegiatan partisipasi di masyarakat. Contoh beasiswa kegiatan social/volunteership adalah Youth Volunteer Scholarship Awards di Australia dan Community Service Scholarships di Amerika.

Student’s loan. Merupakan pinjaman bagi pelajar yang dirancang untuk membantu membayar uang kuliah, biaya buku, dan biaya hidup. Student’s loan berbeda dari jenis pinjaman lain karna tingkat bunga nya jauh lebih rendah dan jadwal pembayaran dapat ditangguhkan selama mahasiswa masih berkuliah. Jenis pinjaman ini berbeda-beda tergantung dari negara nya. Contoh-contoh student’s loan adalah program HECS-HELP Scheme di Australia, Deun Deun (ICL) di Korea, dan pinjaman dari Student Loans Company di Inggris.

Dan yang terakhir ini adalah Summer Course. Program di musim panas yang umumnya di sponsori oleh suatu lembaga pendidikan, institusi pemerintahatau perusahaan swasta. Program ini menyediakan berbagai pelajaran dan kegiatan selama di musim panas. Partisipasi pelajar di Summer Course yang diselenggarakan di seluruh dunia telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada kemajuan pendidikan. Contoh-contoh program summer course yang terkenal adalah Harvard Summer School, California State Summer School for Mathematics and Sciencedan International Summer University (ISU) Kassel, Germany. 

Ikuti Sosmed Generasi Belajar lainnya di:
Instagram: @generasibelajar
Facebook: Generasi Belajar
Twitter: @generasibelajar
Line: @ile7021n 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...