Thursday 30 March 2017

Apa itu Massive Open Online Course (MOOC)

Sesuai dengan namanya, Massive Open Online Course (MOOC) merupakan sebuah situs penyedia layanan kursus online dengan jurusan-jurusan tertentu, langsung diajar oleh Professor dan Guru besar dari Universitas dan Lembaga-lembaga yang sudah ternama, dan kebanyakan belajarnya GRATIS. Jadi kita tidak perlu lagi untuk hadir ke kelas dengan jadwal yang sudah ditentukan. Melalui MOOC ini kita cukup Klik Daftar untuk mengikuti kelas sesuai dengan minat masing-masing. Lalu akan diberi materi pelajaran untuk seminggu, selanjutnya kita yang akan mengatur sendiri jadwal belajar nya kapan sesuai dengan waktu kita. Biasanya materi yang dipelajari sekitar 2-4 jam per minggu diakhiri dengan test.


Kita mulai dari platform yang ada diluar negeri ya, yaitu adalah COURERA.ORG
Corusera,org merupakan platform e-learning dengan user terbanyak di dunia. Coursera dibentuk dengan landasan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pengetahuan yang mereka inginkan, tanpa terbatas waktu dan tempat.  Setiap kursus di Coursera diisi oleh top instruktur dari universitas dan institusi pendidikan yang terbaik di dunia. Materi nya yaitu video pengajaran dari professor atau pengajar, tugas, beserta penilaian otomatis, dan grup diskusi. Setelah materi nya komplit, jika teman-teman ingin membayar sedikit lebih (sekitar 300rb-500rb) kita bisa mendapatkan sertifikat langsung dari lembaga tersebut.
Selain Coursera.org juga ada beberapa Online Course lainnya diantaranya: Future Learn, Udacity & Udemy (Belajar Coding), Stanford Open Classroom, TED, EdX (Teknologi), Youtube Education, dan masih banyak lainnya. Cukup dengan googling “Free MOOC” maka kita bisa temukan online course yang sesuai untuk kita join.

Di Indonesia sendiri, kita punya IndonesiaX.
IndonesiaX merupakan platform pembelajaran online gratis yang diisi oleh Universitas dan Institusi besar yang ada di Indonesia. Seperti UI, ITB, Universitas Airlangga, BEI, Netmedia, dll yang diajarkan langsung oleh Guru Besar dan Professor nya. Salah satunya adalah Guru Besar UI serta Pendiri Rumah Perubahan yaitu Professor Rhenald Khasali.
Dengan system yang sama dan mudah seperti MOOC lainnya, yaitu cukup klik lalu kita akan mendapatkan materi (video & teks) beserta penilaian per minggu nya. Melalui platform ini IndonesiaX berharap supaya ada kemerataan pendidikan di Indonesia dan semua warga Indonesia bisa mengakses materi yang ada secara FREE. 

Ikuti Sosmed Generasi Belajar lainnya di:
Instagram: @generasibelajar
Facebook: Generasi Belajar
Twitter: @generasibelajar
Line: @ile7021n 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...