Saturday 26 August 2017

Penjelasan dari Video Muhammad Yunus: Create Social Fiction

#Sabtubelajar kali ini kita akan belajar dari salah satu video oleh Professor Muhammad Yunus. Professor Muhammad Yunus yang dikenal sebagai Social Entrepreneur ini menjelaskan teori tentang ‘Social Fiction’. Maksudnya adalah gunakan imajinasi kita untuk mengatasi masalah-masalah sosial yang ada disekitar kita.


Video ini diawali dengan pertanyaan, “Apa yang anda pikirkan tentang dunia? Dan Bagaimana seharusnya?”.

Karna setiap orang memiliki kebebasan untuk mengimajinasikan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Imajinasi dari Muhammad Yunus ini adalah ingin membebaskan dunia dari kemiskinan, yang maksudnya adalah tidak ada lagi orang miskin di dunia ini.  Hingga anak cucu kita dimasa yang akan datang merasa asing dengan kemiskinan, bahkan mereka bertanya ‘apa sih kemiskinan itu? Dan bagaimana itu bisa terjadi?’.            

Selain kemiskinan, perbaikan sosial selanjutnya adalah pengangguran, penyakit, dan kesenjangan sosial lainnya. Hingga anak cucu kita dimasa yang akan datang akan terasa asing bahkan bertanya-tanya dengan hal-hal tersebut.

Selanjutnya Muhammad Yunus mengatakan, “Kita bangga dengan teknologi, kita bangga dengan ilmu pengetahuan, tetapi kenapa masih ada orang yang meninggal dikarenakan penyakit?”. Sebuah pertanyaan kritis yang harus kita temukan jawabannya. Karna tujuannya adalah bagaimana kita membuat dunia ini lebih baik dari sebelumnya.

Maka dari itu kita harus berpikir untuk menemukan solusinya. Gunakanlah imajinasi kita, seperti kita menggunakan imajinasi kita dalam mengembangkan teknologi (Science Fiction). Contohnya ketika kita pergi ke bulan, kita bisa berkomunikasi jarak jauh, itu dikarenakan oleh Science Fiction oleh ilmuan dimasa lalu. Karna ketika kita menggunakan imajinasi untuk memecahkannya, science akan melakukan riset untuk mewujudkan hal tersebut.

Maka dari itu gunakanlah imajinasi kita untuk memecahkan setiap permasalahan sosial. Seuai dengan kalimat penutup Muhammad Yunus pada video tersebut, yaitu:      

“Jika kita tidak bisa mengimajinasikannya, itu tidak akan terjadi. Jika kita bisa mengimajinasikannya, suatu hari nanti itu akan terjadi”. 


No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...