Tuesday 1 August 2017

Motivation Letter, Apa saja yang perlu dijelaskan?

Satu berkas lainnya untuk melengkapi pendaftaran kuliah diluar negeri adalah Motivation Letter. Motivation Letter atau juga biasa disebut Statement of Purpose/Letter of Intent ini akan menjelaskan hal detail tentang kita serta alasan dan tujuan kita untuk mendaftar di kampus tujuan tersebut.


Penulisan motivation letter ini biasanya 1-2 halaman, pada umunya Motivation Letter akan berisi tentang:

  • Siapa diri kita
  • Apa latar belakang pendidikan kita
  • Pengalaman yang kita miliki dan terkait dengan bidang studi yang akan diambil
  • Alasan kenapa kita ingin melanjutkan kuliah di universitas tersebut serta jurusan yang dipilih 
  • Apa saja mata kuliah di program studi tersebut yang menguntungkan bagi kita dan orang-orang disekitar kita
  • Apa yang akan kita kerjakan setelah selesai studi
Tiap-tiap universitas memiliki standar yang berbeda terhadap penilaian motivation letter, dan pertimbangan umumnya biasanya adalah kemampuan serta kualitas dan pengalaman kita, seberapa jauh penelitian yang telah kita lakukan terkait dengan jurusan tersebut, serta kesesuaian antara tujuan kita dan tujuan program yang akan kita ambil.

Berikut adalah sedikit tips dan trik dalam membuat motivation letter yang bagus:
  1. Latar belakang pendidikan atau pekerjaan harus saling berkaitan. Karena ini akan memudahkan kita menerima materi kuliah dan menjadi expert di bidang tersebut.
  2. Penggunaan tata bahasa yang baik dan benar. Gunakan pilihan kata yang gampang dipahami dan tanda baca yang tepat.
  3. Fokuslah pada keunikan dan kelebihan yang membedakan kita dengan kandidat lainnya. Karena setiap orang adalah unik, be confident terhadap diri kita sendiri agar tetap nyaman meskipun tampil beda. 
  4. Satu motivation khusus untuk satu universitas. Jangan kirim satu motivation letter untuk beberapa universitas, karena hasilnya tidak akan efektif.
  5. Jika IPK tidak terlalu bagus, sertakan alasan yang menyebabkannya. Berikan alasan yang logis dan dapat diterima penguji, sertakan juga alasan bahwa kita layak dipilih meski IPK nya standar.
  6. Jelaskan secara detail tujuan kita memilih program tersebut. Karena selain mendapatkan gelar, kita juga harus punya tujuan yang mulia setelah kembali ke tanah air agar sesuai dengan apa yang dikehendaki penyedia beasiswa ataupun pihak universitas. 
Sebelum menulis motivation letter, lakukan positive self-talk, yaitu mengucapkan kata-kata yang baik terhadap diri kita agar bisa berpikir lebih positif dan selanjutnya ide-ide akan mengalir seperti air. Gunakan kalimat positif serta hindari beberapa kalimat negatif seperti rendah diri, menyalahkan keadaan, serta topik yang memicu kontroversi. 

Setelah selesai menulis motivation letter, lakukan kembali pengeditan khusus untuk memeriksa ulang tata bahasa, tanda baca, serta penggunaan kata-kata yang tidak formal. Dan yang terpenting perbanyaklah latihan  pengulangan untuk membuat motivation letter ini, seperti kata pepatah 'repetition makes perfect'. 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...