Tuesday 31 October 2017

Review Buku TOEFL Killer dari Inspirabook

Selama ini, TOEFL sering dianggap “musuh bersama” para pelajar Indonesia. Untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri diperlukan skor TOEFL yang bagus, untuk lulus S1 TOEFL sekarang sudah menjadi syarat wajib, melamar kerja juga, mengikuti pertukaran pelajar juga memerlukan skor TOEFL yang tinggi.  Buku Toefl Killer yang dilengkapi DVD ini mampu menjadi panduan sebelum mengikuti test TOEFL yang sesungguhnya.


Meskipun judul dari buku ini TOEFL Killer Cara Pasti Mendapat TOEFL Skor 600, tetapi sebenarnya buku ini  cocok bagi semua orang yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti test TOEFL. Buku ini juga sangat direkomendasikan bagi yang masih sangat awam mengenai TOEFL karena buku ini memuat berbagai informasi lengkap mengenai apa itu TOEFL, jenis-jenis TOEFL itu apa saja, tips dan trik dalam mengerjakan test TOEFL bagaimana.

Desain cover dari buku ini cukup simple dan tidak mencolok namun tetap menarik. Gaya bahasa yang digunakan di buku ini tidak terlalu formal dan kaku, sehingga pembaca tidak merasa berat saat membacanya. Pembagian bab dalam buku ini menggunakan gambar sebagai pembatasnya, susunan.

Sebagian orang masih bingung antara International TOEFL Test atau TOEFL ITP, Paper Based TOEFL (PBT), dan internet Based TOEFL (iBT). Buku ini cukup membantu karena konsep lengkap mengenai macam-macam test TOEFL disajikan lengkap di buku ini. Bagi yang sudah paham mengenai berbagai macam TOEFL, dapat langsung membaca mengenai tips dan trik cara untuk mendapatkan skor TOEFL tertentu.

Di setiap target TOEFL yang ditetapkan, terdapat trik-trik tersendiri untuk setiap target yang diinginkan. Di tengah-tengah penjelasan mengenai test TOEFL, diselipkan cerita para mahasiswa yang berhasil mencapai  skor toefl tertentu. Cerita-cerita tersebut mampu memotivasi pembaca karena sebenarnya siapapun bisa mendapatkan skor TOEFL tinggi.

Trik rahasia beserta contoh soal dimuat di setiap section, baik listening, reading, maupun structure section. Formulir kosong sengaja dibuat untuk diisi oleh pembaca agar pembaca mengetahui bagaimana progresnya dalam listening. Pada section reading penulis menyarankan pembaca untuk tidak hanya  membaca artikel-artikel dari surat kabar atau jurnal ilmiah, tetapi ada cara seru dan asyik meningkatkan skill dalam reading comprehension, seperti artikel-artikel di website www.buzzfeed.com, www.mindbodygreen.com, www.ehow.com, www.inc.com, www.goal.com.

Penulis agaknya mengetahui bahwa kesulitan yang dialami sebagian besar pembaca adalah kesulitan di vocabulary. Untuk itu penulis juga menyediakan TOEFL Word list  yang dapat dilihat dalam DVD TOEFL Killer. Bagian paling teknis dalam tes TOEFL salah satunya adalah grammar pada section structure. Untuk itu rumus-rumus cepat structure (grammar) test juga disajikan dalam buku ini. Video-video yang ada dalam paket TOEFL Killer juga sangat membantu jika ditonton sambil mengerjakan latihan-latihan soal di dalamnya.

Untuk Section writing agak berbeda karena hanya muncul jika pada saat International TOEFL Test, sedangkan pada TOEFL ITP tidak diujikan. Pada section writing, peserta test disuruh menulis dua esai dari dua topic yang ditentukan, panjang esai berkisar antara 250 hingga 300 kata, dan waktu yang diberikan adalah 30 menit. Test ini biasa disebut “Test of Written English” (TWE). Contoh-contoh soal yang biasanya dijadikan soal dalam test writing. Cara dapat nilai bagus dalam TWE juga dimuat dalam buku ini.

Ada yang menarik di bab writing ini, yakni pembaca diajak untuk mengecek kemampuan grammarnya melalui salah satu software spell checker yang bisa didapatkan secara gratis bernama “Spell Check Plus” atau klik di http://spellcheckplus.com/. Di software tersebut pembaca tinggal copy-paste esai maksimal 200 kata ke dalam kotak yang disediakan, lalu klik pada bagian “Check Text”, setelah itu hasilnya akan keluar. Pada bagian kata-kata yang salah akan diberi highlight warna kuning dan langsung dikoreksi.

Dalam TWE, nilai berkisar antara 1 sampai 6. Dalam Toefl Killer dijelaskan apa saja kriteria-kriteria untuk mencapai nilai 6. Beberapa contoh topic writing dan esai yang baguspun juga dimuat dalam buku ini, sehingga pembaca punya gambaran topic-topik apa saj yang biasa muncul pada section writing.

Di akhir buku penulis mencoba memberi gambaran bagaimana test TOEFL akan berlangsung dan memberi saran hal-hal apa saja yang perlu dilakukan pada saat menyambut hari Ujian TOEFL. Tips dan trik yang sepintas remeh, namun sangat membantu seperti memperkirakan jarak tempat test TOEFL dari dan ke rumah serta berapa waktu yang diperlukan untuk mencapai tempat pelaksanaan test. Buku ini berani memberi jaminan, dengan catatan pembacanya juga menjaga komitmen.

Miliki segera Buku + DVD Ebook TOEFL Killer. Harganya Rp 158.000

SEGERA PESAN MELALUI:

Whatsapp: 082169908055 

Telp/Sms: 082169908055 (Dudung)

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...