Tuesday 31 October 2017

Tips-tips menulis dalam bahasa Inggris dari John Steinbeck

John Steinbeck adalah salah seorang penulis Amerika Serikat terkenal pada abad ke-20 yang memenangkan Penghargaan Nobel Sastra pada 1962.

Foto: www.sandiegoreader.com
Dan berikut ini adalah tips-tips menulis dalam Bahasa Inggris dari John Steinbeck:
1.       Hilangkan pikiran tentang apa yang ingin kamu capai atau selesaikan. Misalkan target awalmu adalah menulis cerita 100 halaman, lupakan itu. Tulislah satu halaman setiap hari dan hasilnya akan luar biasa ketika selesai.

2.       Menulislah dengan cepat dan pastikan untuk menumpahkan semuanya dalam tulisan. Jangan melakukan koreksi atau revisi sebelum semua selesai karena hanya akan membuang waktu.

3.       Lupakan fakta bahwa kamu menulis untuk banyak orang. Fokuskan target dari tulisanmu adalah satu orang yang spesifik. Ini akan membantumu lebih maksimal dalam menulis.

4.       Jangan terpaku pada bagian yang menyita banyak waktumu. Jika kamu merasa ada bagian yang belum pas, selesaikan semuanya lalu cobalah kembali ke bagian itu nanti.

5.       Hindari menggunakan perasaan yang terlalu dalam ketika menulis, hasilnya justru akan jauh dari bagian-bagian tulisanmu yang lain nantinya.

6.       Jika kamu menulis dengan format dialog atau percakapan, ucapkan dialog itu dengan lantang agar kamu mendapatkan maknanya dalam tulisan.


Itulah dia 6 tips menulis dari John Steinbeck. Semoga bisa membuka pikiran teman-teman yang akan menulis yaa. 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...