Tuesday 31 October 2017

Kumpulan Contoh Expression dalam Bahasa Inggris

“Expression is the process of making known one’s thought or feelings”

Maksudnya Expression itu adalah cara kita mengungkapkan perasaan ataupun pendapat kita kepada lawan bicara kita.

Foto: britishcouncil.org

Terdapat banyak sekali jenis Expression dalam Bahasa Inggris, dan berikut akan kita bahas 15 macam Expression yang ada disekitar kita sehari-hari ya.

1.      Expression of Introduction
Ekspresi ini digunakan untuk menyatakan perkenalan kepada orang baru.
Contoh adalah:
·        Let me introduce my self, my name is …    
(Izinkan aku memperkenalkan diriku, namaku adalah…)
·        Allow me to introduce my mom to you       
(Izinkan aku mengenalkan ibuku padamu)
·        I’d like to introduce myself
(Aku akan memperkenalkan diriku)

2.      Expression of Greeting
Yang digunakan untuk menyapa seseorang.
Contohnya adalah:
·        Hello Widya, how are you?            
(Halo Widya, apa kabar?)
·        Good bye ridho, we will meet soon            
(Selamat tinggal ridho, semoga kita bertemu kembali)
·        I am very happy to meet you now  
(Aku sangat bahagia untuk bertemu denganmu sekarang)    

3.      Expression of Gratitude
Merupakan ekspresi yang digunakan untuk menunjukkan penghargaan kepada orang lain.
Contohnya adalah:
·        Congratulation for your graduation
(Selamat atas kelulusanmu)
·        Happy birthday Dina!        
(Selamat ulang tahun Dina)
·        Have a nice day honey       
(Selamat bersenang-senang sayang)

4.      Expression of Apology
Ekspresi yang digunakan untuk meminta maaf kepada orang lain.
Contohnya adalah:
·        I am sorry for my attitude   
(Aku minta maaf atas tingkahku)
·        Forgive me, please 
(Tolong maafkan aku)
·        I hope he forgive me          
(Aku berharap dia memafkan aku)

5.      Expression Ability and Disability
Ekspresi yang digunakan untuk menjelaskan mampu atau ketidakmampuan kita mengerjakan sesuatu.
Contohnya adalah:
·        Yes, I can come to school  
(Ya, aku bisa datang ke sekolah)
·        No, I can not move there   
(Aku tidak dapat pindah kesana)
·        Yes, I can  
(Ya, aku bisa)

6.      Expression of Certainty and Uncertainty
Ekspresi yang digunakan untuk menyatakan pasti dan ketidakpastian.
Contohnya adalah:
·        I am sure I can do it           
(Aku yakin aku bisa melakukannya)
·        I doubt her
(Aku ragu padanya)
·        He doesn’t know about the story   
(Dia tidak tau tentang cerita itu)

7.      Expression of Agreement and Disagreement
Ekspresi yang digunakan untuk menyatakan setuju atau tidak setuju.
Contohnya adalah:
·        I don’t think so      
(Aku tidak berpikir begitu)
·        You are right         
(Kamu benar)
·        I absolutely agree about your reason          
(Aku benar-benar setuju dengan alasanmu)

8.      Expression of Like and Dislike
Ekspresi yang digunakan untuk menyatakan suka atau tidak suka terhadap suatu hal.
Contohnya adalah:
·        I like this song        
(Aku suka lagu ini)
·        She doesn’t like this food   
(Dia tidak suka makanan ini)
·        They like me          
(Mereka menyukaiku)

9.      Expression of Opinion
Expression of opinion digunakan untuk menyatakan pendapat kepada orang lain.
Contohnya adalah:
·        I think he is handsome        
(Menurutku dia ganteng)
·        Let’s talk about this game  
(Ayo kita bicarakan tentang permainan ini)
·        Please give me suggestion  
(Tolong berikan aku saran)

10.  Expression of Asking and Offering
Ekspresi yang kita gunakan untuk bertanya atau menawarkan suatu hal.
Contohnya adalah:
·        May I borrow your laptop?
(Bolehkah aku meminjam laptopmu)
·        Will you call me?   
(Maukah kamu menelponku)
·        No smoking in this room!
(Dilarang merokok di ruangan ini)

11.  Expression of Warning
Ekspresi yang digunakan untuk menyatakan peringatan dalam Bahasa Inggris.
Contohnya adalah:
·        Be careful with this dog      
(Hati-hati dengan anjing ini)
·        Watch out!
(Awas)

12.  Expression of Preference
Expresi yang digunakan untuk menyatakan suka dan tidak suka dalam Bahasa Inggris.
Contohnya adalah:
·        I like this music better than that       
(Aku lebih suka musik ini ketimbang musik itu)
·        I prefer drinking a cup of coffee to a cup milk         
(Aku lebih suka minum secangkir kopi daripada susu)

Itulah tadi 12 macam ekspresi dalam Bahasa Inggris. Intinya teman-teman enjoy dan have fun ya belajar Bahasa Inggris-nya supaya terasa seperti bermain dan tidak seperti belajar hal-hal teknis. 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...