Saturday 9 September 2017

Panduan Kuliah di Negara Favorit Beasiswa LPDP: (5) Australia

Setiap negara tentunya menerapkan system pendidikan yang berbeda-beda. Perbedaan ini tentu berdasar pada prinsip dan tujuaan dari pendidikan dari negara itu sendiri. Begitu pula dengan yang ada di Australia, dan berikut ini adalah hal-hal yang menjadi ciri khas dari system pendidikan yang dijalankan di Australia:
  1. Pendidikan diatur oleh tiap negara bagian, meskipun secara umum system pendidikannya sama.
  2. Australia memiliki model tiga lapis pendidikan meliputi pendidikan dasar (primary school), pendidikan menengah (secondary school), dan pendidikan tinggi (universities/TAFE Colleges)
  3. Pemerintah bertanggung jawab penuh terhadap biaya pendidikan pelajar
  4. Australia membagi lapis pendidikan tinggi menjadi Universitas dan TAFE College. Universitas untuk mereka yang ingin melanjutkan belajar di bidang ilmu yang bersifat teoritis sedangkan TAFE Colleges untuk mereka yang ingin belajar di bidang ilmu yang bersifat aplikatif
  5. Australia memiliki system belajar dalam bentuk diskusi. Pelajar di Australia dididik untuk menjadi pribadi yang memiliki pemikiran terbuka dan berani untuk mengemukakan pendapatnya. Sistem belajar yang diterapkan oleh Australia ini melatih pelajar disana untuk berpikir kritis 

Bahasa dan Cuaca
Untuk berkomunikasi dengan orang Australia sebetulnya tidak terlalu susah, karena mereka menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya. Namun sebaiknya teman-teman juga perlu belajar bahasa percakapan sehari-hari orang Australia. Seperti di Indonesia, Australia juga mempunyai kamus slangs yang sering digunakan dalam pergaulan. Maka dari itu kita juga harus belajar bahasa slangs-nya mereka, agar paham ketika dalam suatu percakapan non formal.

Selama kuliah di Australia nanti teman-teman juga harus pandai menyesuaikan diri dengan cuaca disana. Jangan sampai perbedaan cuaca membuat kalian merasa tidak nyaman dan malas beraktivitas. Australia juga memiliki 4 musim (spring, summer, autumn, dan winter) sama seperti di Eropa akan tetapi waktu berjalan musimnya masing-masing berbeda.

Australia memiliki luas wilayah yang begitu besar. Besarnya wilayah ini membuat suhu udara yang ada di Australia berbeda-beda tergantung pada lokasi. Misalnya di bagian utara yang hampir selalu terasa hangat sepanjang waktu lain halnya dengan bagian selatan yang musim dinginnya jauh lebih dingin daripada negara bagian lainnya. Suhu udara di tiap-tiap daerah juga tidak sama. Masing-masing kota besar seperti Melbourne, Sydney, Adelaide, Darwin, dan Perth memiliki suhu udara yang tidak sama persis.Ini bisa menjadi pertimbangan bagi kalian dalam memilih tempat tinggal selama di Australia.

Makanan dan Kebiasaan
Proses penyesuaian dengan makanan bukanlah hal mudah. Jadi benar saja kalau ada yang bilang bahwa ketika makanannya cocok maka tempat itu juga cocok untuk ditinggali. Perlu diketahui bahwa Australia memiliki beragam jenis pilihan makanan. Hal ini disebabkan oleh banyaknya budaya yang tinggal di Australia. Seperti kita tahu bahwa banyak pendatang yang menetap di Australia dan membawa kebudayaan mereka. Untuk makanan khasnya sendiri, Australia sangat identik dengan makanan yang dipanggang, fish and chips, da nada juga bush food. Selain itu juga tersedia banyak pilihan dari negara lain seperti Prancis, Thailand, Jepang, Cina, Indonesia, dll.

Penduduk Australia juga memiliki kebiasaan makan makanan sehat. Ini dianjurkan sendiri oleh pemerintah Australia, karna disana mereka memiliki cuaca hangat yang mendukung tumbuhnya bahan makanan segar seperti buah dan sayur maka pemerintah kemudian mengajurkan warganya untuk mengkonsumsi makanan segar dan tidak mengkonsumsi garam terlalu banyak.

Terkait kebiasaan, orang Australia memiliki banyak perbedaan dengan orang Indonesia. Maka dari itu teman-teman harus pandai menempatkan diri dan jangan pula bersikap terlalu dekat hingga seolah tidak memiliki batas privacy dengan orang yang baru ditemui.

Salah satu cara bergaul yang paling disukai oleh orang Australia adalah lewat kegiatan berolahraga. Australia sendiri adalah negara yang memiliki kebiasaan olahraga yang cukup kuat. Ada banyak jenis olahraga favorit di Australia seperti kriket, rugby, atau sepak bola. Teman-teman bisa ikut bergabung dengan salah satu jenis olahraga tersebut, agar bisa memperluas pergaulan. Atau bagi yang tidak bisa bermain juga bisa menonton di pertandingan olahraga tersebut di waktu weekend samnbil hang out dan menghabiskan waktu bersama teman-teman dari sana.  

======================================================================
Sumber: Bonus buku JAMU LPDP dari Inspirabook

Teman-teman mau tips-tips berguna lainnya seputar beasiswa LPDP? Segera pesan melalui Official Account Line Generasi Belajar dengan klik link dibawah ini ya:


Rp. 156.000


No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...