Saturday 9 September 2017

Panduan Kuliah di Negara Favorit Beasiswa LPDP: (1) Inggris

Teman-teman Generasi Belajar, pada beberapa tulisan kita akan review Panduan Kuliah di Negara Favorit Beasiswa LPDP. Terdapat 10 negara favorit beasiswa LPDP yang akan di review, dan yang akan pertama kali di review adalah Inggris. 
Kehidupan Akademik
Setiap pelajar dan mahasiswa di Inggris sudah dibiasakan untuk berpikir serta bekerja sendiri, kemudian disana mereka akan didukung dengan system yang sangat bagus untuk mengembangkan potensi secara maksimal dan meraih hasil yang memuaskan di bidang tertentu. Maka dari itu sistem pendidikan di Inggris menuntut mahasiswanya untuk benar-benar aktif dalam melakukan diskusi dan analisis.

Dan untuk mendukung proses belajar para mahasiswa Internasional, ada beberapa institusi di Inggris yang biasanya dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung. Secara keseluruhan mahasiswa asing akan mendapatkan pelayanan informasi melalui United 

Kingdom Council for International Student Affairs (UKISA). Teman-teman bisa cek website nya di
www.ukcisa.org.uk/student atau bisa juga via telpon ke nomor +44 (0)20 71079922.

Bahasa dan Cuaca
Urusan bahasa, kita tidak perlu pusing lagi untuk berkomunikasi di Inggris ini. Karena mereka menggunakan Bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-harinya, dan kemampuan bahasa Inggris sudah merupakan kewajiban bagi setiap mahasiswa yang ingin kuliah di luar negeri. Jika teman-teman sudah memiliki sertifikat kemampuan dengan nilai yang cukup, itu menandakan bahwa teman-teman sudah mampu berkomunikasi secara baik dengan orang asing.

Mungkin salah satu kendala teman-teman adalah perbedaan kondisi cuaca di Indonesia dan di Eropa. Sama seperti negara lainnya di Eropa, iklim di Inggris adalah subtropis yang dipengaruhi iklim laut sejuk dan basah. Daerah beriklim subtropis ini memiliki 4 musim yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Inggris juga memiliki iklim yang sangat dinamis dan tidak terduga. Dalam satu hari teman-teman akan bisa merasakan cuaca panas yang cerah, panas terik lalu tiba-tiba hujan. 

Musim panas di Inggris ini berlangsung pada bulan Juni-Agustus, kemudian dilanjutkan dengan musim gugur pada bulan September-November, lalu awal bulan Desember suhu mulai terasa dingin karena musim dingin sudah tiba hingga akhir Februari, dan selanjutnya musim semi pada bulan Maret-Mei. 

Makanan dan Kebiasaan
Perihal makanan, terkadang juga menjadi kendala bagi sebagian orang, khususnya bagi teman-teman yang muslim. Karena lumayan sulit untuk mencari bahan dan makanan yang halal disana. Jika sedang makan di restaurant, teman-teman bisa bertanya kepada si penjual soal halal atau tidaknya makanan tersebut, dan pertanyaan itu sudah wajar disana. Jajanan di Inggris biasanya berupa burger, kebab, fish and chips dan pizza. Kemudian akhir-akhir ini juga banyak restoran halal dengan menu India/Pakistan serta masakan ala Timur Tengah. 

Terkait kebiasaan mereka, mungkin teman-teman juga sudah sering mendengar kalau orang Inggris datang ke Indonesia biasanya mereka akan bilang orang Indonesia itu ramah-ramah. Ini merupakan sebuah fakta karna mereka memang tidak seramah orang-orang di negara kita. Mereka cenderung individualis khas perkotaan, tidak suka menyapa orang asing dengan sebuah senyuman seperti di Indonesia. Tetapi teman-teman tidak perlu takut jika harus bertanya sesuatu, karena mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dan memberikan informasi yang dibutuhkan. 

Kebiasaan yang patut dicontoh dari orang Inggris ini adalah mereka sangat pintar dalam me-manage waktu yang dimiliki, bahkan sesibuk apapun mereka ternyata mereka juga sudah menyiapkan waktu buat refreshing dan bersenang-senang, dan semua sudah tersusun dengan disiplin dan rapi. Selain itu, ketika berkomunikasi mereka juga menggunakan kata-kata yang sopan. Bahkan mereka juga sering mengucapkan kata-kata seperti maaf, tolong, dan terima kasih. Kebiasaan selanjutnya mereka juga disiplin menaati peraturan di negara mereka. 

Satu hal yang perlu kita batasi adalah pergaulan mereka yang cenderung bebas, boleh saja kita tetap bersosialisasi dan ‘nongkrong’ dengan mereka, tetapi kita tetap harus memiliki prinsip sendiri dan tidak mengikuti kebiasaan mereka yang bertolak belakang dengan budaya kita. Dan mereka juga akan tetap memiliki toleransi jika kita menolak terhadap sesuatu yang mereka tawarkan.

======================================================================
Sumber: Bonus buku JAMU LPDP dari Inspirabook

Teman-teman mau tips-tips berguna lainnya seputar beasiswa LPDP? Segera pesan melalui Official Account Line Generasi Belajar dengan klik link dibawah ini ya:


Rp. 156.000

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...