Saturday 9 September 2017

Panduan Kuliah di Negara Favorit Beasiswa LPDP: (8) Jepang

Pendidikan adalah salah satu dasar dari sebuah negara yang bergerak untuk terus maju, hal inilah yang diperhatikan oleh Jepang.Tak hanya didukung dengan system pendidikannya yang efektif, Jepang juga memiliki beragam fasilitas yang patut diacungi jempol. Beberapa studi di Jepang bahkan membuka kelas internasional yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari luar Jepang untuk turut menimba ilmu disana.
Bahasa dan Cuaca
Jepang memiliki bahasa sendiri, dengan aksara khsuus. Ada yang disebut dengan aksara hiragana, kanji, dan katakana. Hampir semua mahasiswa yang hendak melanjutkan kuliah di Jepang harus mempelajari terlebih dahulu bahasa Jepang secara intensif selama satu tahun. Atau di Jepang sendiri ada kelas belajar bahasa yang wajib ditempuh dalam waktu satu tahun sebelum memasuki masa perkuliahan. Sangat jarang orang di Jepang yang mengerti bahasa Inggris, jika teman-teman berjalan keliling Jepang, hampir semua petunjuk jalan menggunakan bahasa Jepang, bahkan ketika tersesat dan ingin bertanya ke pak polisi, juga menggunakan bahasa Jepang. Maka dari itu menguasai bahasa Jepang sebelum berangkat kesana adalah suatu kewajiban.

Jepang berada di kawasan beriklim sedang dengan pembagian empat musim yang jelas. Walaupun demikian, terdapat perbedaan iklim yang mencolok antara wilayah bagian utara dan selatan. Pada musim dingin, Jepang bagian utara seperti Hokkaido mengalami musim salju, namun sebaliknya wilayah Jepang bagian selatan beriklim subtropics. Iklim juga dipengaruhi tiupa angina musim yang bertiup dari benua Asia ke Lautan Pasifik pada musim dingin, dan sebaliknya pada musim panas. 

Makanan dan Kebiasaan
Makanan tradisional Jepang berbahan dasar pada beras dengan miso sup dan hidangan lainnya, dengan penekanan pada bahan-bahan musiman. Lauk pauknya terdiri dari ikan, acar, dan sayuran yang dimasak dalam kaldu. Ikan adalah bahan yang umum dipakai dalam makanan tradisional. Cara memasak seringnya dipanggang, tetapi juga dapat disajikan mentah sebagai sashimi atau sushi. Makanan laut dan sayuran juga bisa digoreng dalam adonan ringan seperti tempura.

Kehidupan di Jepang sangat berakar pada tradisi kuno yang belum terlalu progresif dan modern ketimbang kebanyakan negara-negara lain di dunia. Dikotomi semacam ini telah menghasilkan beberapa fakta paling menarik tentang kehidupan keluarga di dunia, dan memberikan suatu model unik dari masyarakat tradisional global lainnya.

Kehidupan Jepang sangat dipengaruhi oleh teknologi modern, dunia barat, dan norma-norma sosial yang cepat berubah, tetapi pada saat yang sama dibentuk oleh kekuatan yang menjangkau kembali pada sejarah awal budayanya.

Orang-orang Jepang sangat menjunjung tinggi etika mereka. Mulai dari caranya naik kereta, makan, tata cara membuang sampah yang benar, dan tentu saja komunikasi dengan keluarga. Di Jepang sangat jarang sekali ada kemacetan karena umumnya orang-orang di Jepang menggunakan kereta, bus, atau sepeda untuk pergi ke kantor, kampus, sekolah, dan mall. Hampir semua hal yang dilakukan di Jepang ini sangat tertib, disiplin, dan teratur.

=======================================================================
Sumber: Bonus buku JAMU LPDP dari Inspirabook

Teman-teman mau tips-tips berguna lainnya seputar beasiswa LPDP? Segera pesan melalui Official Account Line Generasi Belajar dengan klik link dibawah ini ya:

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...