Friday 8 September 2017

Begini nih Tips Cara Blokir Nomor HP SMS Penipuan

Teman-teman pasti pernah kan mendapatkan SMS berupa hadiah dan bonus menarik dari nomor yang tidak dikenal? Mungkin bagi kita-kita yang sudah terbiasa akan tau bahwa itu merupakan sebuah penipuan, tetapi bagaimana itu jika terjadi kepada orang-orang yang baru pertama kali mendapatkan hal tersebut, kemudian dia langsung percaya dan mengikuti apa saja perintah dari si pemilik nomor tersebut sehingga ujung-ujungnya nomor rekening sendiri yang akan dikuras. Untuk menghindari hal tersebut terjadi lagi, begini nih Tips Cara Blokir Nomor HP SMS Penipuan.


Oh iya, agar artikel ini memberikan manfaat yang lebih banyak, jangan lupa di share ya setelah teman-teman membacanya. Biar penipunya kapok juga!

Kembali ke fokus masalahnya, seringkali kita mendpatkan SMS penipuan yg menyatakan bahwa:

  • Anda menjadi pemenang kuis
  • Segera transfer ke ATM terdekat
  • Papa/Mama kok blm pulang
  • SMS yg pura2 nyasar tentang transfer uang
  • Mama minta pulsa
  • Anak kecelakaan
  • Anak sakit
  • Agen pulsa super murah
  • dll


Jangan dibiarkan!! Saat ini ada cara utk menanggulanginya. Dan cara penanggulangan ini akan berbeda tergantung dari provider apa yang teman-teman gunakan. Berikut adalah rinciannya: 

  1.  TELKOMSEL, Format SMS => Penipuan#Nomor Penipu#Isi SMS Tipuan , lalu kirim ke 1166

    Contoh : Penipuan#0812123456#Selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin dst...
    lalu kirim ke: 1166

  2. XL, Format SMS => Lapor#Nomor yg di gunakan utkmenipu#kasus yg di keluhkan , lalu kirim ke: 5883

  3. INDOSAT, Format SMS => SMS (spasi) Nomor pengirim SMS penipuan (spasi) isi SMS penipuan , lalu kirim ke:726 


Karna jika sdh lebih dari 2 orang yang melaporkan SMS penipuan tersebut, maka nomor itu akan segera diblokir secara permanen oleh operator. Teman-teman tidak perlu takut dipotong pulsa, karena layanan ini GRATIS!

Terus bagaimana jika penipuannya sudah terlanjur terjadi?? Yang pertama, jangan panik. Yang kedua, tenangkan diri sejenak, tarik nafas. 

Kemudian selanjutnya kirim kronologis kejadian tersebut dan No Rekening Si Penipu ke email:

cybercrime@polri.go.id

Selanjutnya Polri akan langsung bertindak dgn memblokir ATM Si Penipu & melacak keberadaannya utk di tindak sesuai dengan hukum.

Sekali lagi jangan lupa ya untuk share ke teman-teman yang lain untuk membantu mencegah maraknya penipuan dgn Modus Online & sampaikan berita baik ini kepada keluarga, teman-teman terdekat kita, supaya mereka tidak menjadi korban penipuan selanjutnya dan lebih cepat bertindak bila sudah terlanjur terjadi.

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...