Tuesday 23 May 2017

Kuliah di Amerika

Banyaknya kampus kelas dunia di Amerika menjadikan Amerika sebagai negara terfavorit bagi mahasiswa Internasional dari seluruh dunia. Kualitas kurikulum dan pendidikannya sangat bagus. Tidak heran kalau banyak tokoh ternama di Indonesia yang merupakan alumni kampus di Amerika Serikat, seperti Gubernur DKI Anies Baswedan, Wagub Sandiaga Uno, serta juga Walikota Bandung Ridwan Kamil.




Mengapa Kuliah di Amerika? 

Setiap keputusan yang kita ambil tentu memiliki alasan tersendiri. Nah, berikut adalah beberapa alasan kenapa kita bisa memilih Amerika sebagai negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan:

1. Keberagaman
Amerika Serikat sangatlah luas dan kita bisa menemukan berbagai kebiasaan, keberagaman, masyarakat, iklim dan kebudayaan yang beragam di satu negara. Dan dengan berbagai jenis orang yang berasal dari seluruh dunia, membuat kita bisa belajar banyak dan sangat menghargai perbedaan di negeri ini.
2. “The American Dream”
“The American Dream” adalah sebutan yang diciptakan oleh orang Amerika. Maksudnya adalah semua orang bisa mulai dari nol, dan dengan usaha yang giat bisa mempertinggi kedudukan mereka di masyarakat. Ini bisa kita lihat contohnya pada seorang Oprah Winfrey, Arnold Schwarzenegger hingga Jay Z.
3. Keunggulan dari Kualifikasi Amerika
Kualifikaasi dari institusi pendidikan Amerika dihargai seluruh dunia karena kualitas system pendidikannya yang diakui secara internasional. Setiap tahun, universitas-universitas di Amerika selalu menempati tempat teratas dalam ranking universitas di dunia, seperti Harvard, Stanford, dan juga MIT yang dikenal dengan reputasi mereka.
4. Mengasah Kemampuan Berbahasa Inggris
Amerika adalah salah satu destinasi kuliah terbaik jika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Ini bisa dilihat dari standar kemampuan bahasa Inggris untuk masuk ke kampus tujuan disana. Dan sebagai bahasa pertama di negara tersebut, secara natural akan meningkatkan kemampuan kita dalam berbahasa Inggris.




Harvard University 

Sekarang kita bahas salah satu kampus yang ada di Amerika ya. Teman-teman tentu sudah tidak asing lagi dengan Universitas Harvard. Iya, Harvard University adalah universitas swasta di Cambridge, Amerika Serikat. Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia.

Harvard University memiliki banyak alumni yang menjadi tokoh berpengaruh di dunia. Beberapa diantaranya adalah Presiden Amerika Serikat mulai dari Theodore Roosevelt, John F Kennedy, George W Bush, Barrack Obama. Lalu ada Bill Gates dan Mark Zueckerberg yang merevolusi Teknologi Dunia, serta di Indonesia ada Nadiem Makariem Founder-nya Gojek.

Dikarenakan Universitas Harvard ini sudah memiliki nama dan prestasi yang mendunia, akan sangat sulit bagi kita untuk bisa lolos ke universitas ini jika tidak memiliki kemampuan benar-benar teruji. Berdasarkan penjelasan dari salah seorang Alumni Harvard, mengatakan bahwa untuk lolos ke kampus ini setidaknya kita harus memiliki 3 kemampuan yang benar-benar teruji, yaitu:

1. Intelektual, yang bisa dibuktikan dengan nilai dan sertifikat baik itu dari IPK (GPA) dan juga sertifikat-sertifikat yang kita miliki.
2. Leadership, kemampuan kita dalam memimpin sebuah organisasi ataupun juga bisnis yang bisa dibuktikan dengan hasil dan prestasi yang membanggakan.
3. Sosial, yaitu apa kontribusi kita terhadap permasalahan sosial yang ada di sekitar kita, dan seberapa banyak kita berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan sosial tersebut.


Maka dari itu dibutuhkan persiapan yang sangat matang dan jangka panjang agar bisa terpilih di kampus-kampus terbaik dan favorit yang kita tuju untuk meneruskan pendidikan kita, salah satunya di Harvard University ini.



No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...