Friday 26 May 2017

Penjelasan Cashflow Quadrant

Dalam setiap detiknya, ada sekitar triliunan uang yang mengalir dari satu tempat ketempat yang lain. Tapi anehnya, sekitar 95% manusia justru mendapatkan sebagian kecil dari triliunan uang tersebut. Sedangkan 5% lainnya lagi menikmati lebih dari sebagian besar triliunan uang per detik.

Bicara soal aliran uang, darimana sumber uang masuk (income) dari teman-teman? Menurut Robert T. Kiyosaki, aliran uang terbagi menjadi dua kuadran yaitu Kuadran Kiri (terdiri dari E dan S) dan Kuadran Kanan (terdiri dari B dan I). Apa sajakah itu?

1. E (Employee), yaitu seorang karyawan yang bekerja untuk orang lain, menukar waktu dan tenaga untuk diganti dengan sejumlah uang. Atau juga seorang pencari pekerjaan yang aman dan menjamin, dengan bayaran tinggi dan tunjangan yang bagus.

2. S (Self-Employee), adalah seseorang yang memiliki pekerjaan, atau memiliki bisnis sendiri yang orang tersebut banyak ikut terlibat didalamnya. Tanpa orang tersebut dalam bisnisnya, bisnis ini akan macet dan tidak berjalan, meskipun dia memiliki beberapa karyawan tetapi karyawan tersebut belum bisa menggantikan tugasnya.

3. B (Business Owner), yaitu kita memiliki sebuah bisnis yang sudah berjalan dengan sistem, dan orang-orang akan bekerja dengan system tersebut tanpa kita banyak ikut campur didalamnya.

4. I (Investor), ini saat dimana uang bekerja untuk kita. Kita hanya mencari system yang kuat dan teruji untuk menginvestasikan uang disana. Bisa juga kita berinvestasi dengan membeli property seperti rumah kontrakan dan juga kamar kos-kosan.

Triliunan uang mengalir dari Kuadran Kiri ke Kuadran Kanan. Berada dimanakah posisi teman-teman saat ini? Apakah Employee? Self-Employee? Business Owner? Atau Investor?


Sedikit pesan oleh Robert T. Kiyosaki Penulis Buku “Cashflow Quadrant” ini, sebaik-baiknya kuadran adalah disisi kanan Kuadran yaitu B dan I. 


No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...