Monday 1 May 2017

Apa itu Motivation Letter ?

Banyak dari kita yang masih awam dengan istilah-istilah yang masih tergolong asing yang ditentukan sebagai persyaratan untuk mendaftar kuliah di luar negeri. Bahkan ada juga dari kita yang tidak tahu sama sekali apa-apa saja persyaratan untuk bisa lolos dan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. 

Maka dari itu teman-teman, melalui blog kita akan membahas satu persatu apa saja yang menjadi persyaratan untuk lolos kuliah di luar negeri tersebut. Kali ini yang akan kita bahas adalah Motivation Letter.

Ada yang sudah tau apa itu Motivation Letter? Dan apa guna dari Motlet tersebut?



Seperti yang diketahui, Motivation Letter adalah salah satu dari persyaratan diterimanya kita di Kampus tujuan kita baik itu melalui beasiswa ataupun program non-beasiswa. Motivation Letter merupakan syarat wajib selain sertifikat IELTS/TOEFL, Transkrip nilai, dan Curicculum Vittae.

Motivation Letter adalah uraian singkat yang menjelaskan siapa kita, apa tujuan hidup kita, latar belakang pendidikan kita, serta harapan kita dengan melanjutkan studi pada universitas dan jurusan yang kita pilih.

Pernyataan dari motlet ini menunjukkan kemampuan kita untuk meyakinkan pihak penguji atau penyelenggara beasiswa bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tsb.

So, selain kemampuan akademis dan kompetensi yang akan dilihat melalui transikrip nilai dan CV, motlet ini akan menjadi salah satu yang terpenting apakah kita akan memenangkan beasiswa tersebut, karna bisa jadi kita gagal menerima beasiswa dari motlet yang kurang menjanjikan tsb.

Sangat penting untuk diketahui bahwa motivation letter bukanlah proposal iklan yang menjual keunggulan dan pengalaman diri. Motivation letter menunjukkan keinginan dan minat kita yang mendalam terhadap sesuatu. 

Hal ini yang akan menjadi dasar alasan kita mengirimkan berkas aplikasi. Berdasarkan info dari berbagai sumber, inti dari isi motivation letter adalah:

Ceritakan siapa diri kita, apa mimpi kita, dan semua motivasinya. Poin yang paling penting adalah menjelaskan kenapa kita harus terpilih menjadi penerima beasiswa tersebut.
- Bagi penguji umumnya ada 3 jenis motlet yang baik, yaitu mereka yang memiliki kekuatan yang luar biasa, mereka yang terlupakan dan mereka yang dikenang karena kekuatannya.


So, penting diketahui bahwa kita harus fokus pada mengutarakan pemikiran/suara pribadi yang bisa menggugah pembaca motlet kita.

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...