Thursday 25 May 2017

Cara Fun Belajar English

Teman-teman, belajar English itu gak selamanya susah dan membosankan lho. Kalau kita sedikit lebih kreatif saja, kita bisa belajar English dengan cara yang menyenangkan. Bahkan seolah-olah kita tidak sedang dalam belajar Bahasa Inggris.

Salah satu caranya adalah, dengan Rajin Menonton Film Berbahasa Inggris. Pasang target setidaknya selama 3 bulan, untuk menonton film-film yang berbahasa Inggris. Pilih jenis film yang teman-teman sukai, rutinkan untuk menonton film tersebut setidaknya 30-45 menit sehari secara continue.

Untuk diawal, pastikan menonton film yang ada teks (subtitle) English-nya, sambil melihat gambar dalam film tersebut. Sembari melihat gambar, pastikan juga untuk mendengar apa yang diucapkan sambil melirik teks yang ada dibawah. Kemudian ingat atau catat beberapa kata yang belum dimengerti artinya untuk diterjemahkan.

Lakukan latihan ini secara berkala agar progress-nya terasa. Bikin juga list 10 film berbahasa Inggris yang teman-teman sukai dan telah ditonton serta 10 list film berbahasa Inggris yang ingin ditonton.



Cara Fun Belajar English selanjutnya adalah, dengan Mendengarkan Musik. Seperti yang kita ketahui bahwa semua orang menyukai musik, termasuk juga musik-musik barat yang sudah menginternasional dan nge-tren dikalangan anak muda. Teman-teman pasti punya lagu favorit dalam bahasa Inggris, baik itu lagu yang sudah pernah didengarkan semasa kecil atau mungkin lagu yang sekarang menjadi hits.

Nah, cara fun belajar English melalui musik ini adalah dengan cara, pilihlah 2 lagu berbahasa Inggris yang benar-benar disukai setiap minggu nya. Pastikan teman-teman nyaman dan bisa menyanyikan lagu tersebut. Lalu cari lirik lagu tersebut dan artikan kedalam bahasa Indonesia. Kemudian dengarkan kembali lagunya sambil membaca liriknya.

Selanjutnya cobalah menyanyikan lagu tersebut sambil membaca liriknya, ulangi sesering mungkin sampai benar-benar hafal lirik lagu tersebut. Karna dengan hafal lirik, teman-teman secara tidak langsung juga akan mengkaitkannya dengan arti dalam bahasa Indonesia.


Selain efektif dan menyenangkan untuk belajar listening, cara ini juga bisa melatih pengucapan kata (Pornouncation) bahasa Inggris dengan baik dan tepat. Lakukan pengulangan dan penambahan lagu baru setiap minggunya agar proses belajar fun ini berjalan dengan cepat. 


*Share ya biar teman-teman yang lain dapat manfaatnya juga :)

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...