Saturday 27 May 2017

Biografi Professor Muhammad Yunus

Professor Muhammad Yunus adalah seorang Wirausaha Sosial yang mendirikan Bank Grameen di Bangladesh. Ia mengembangkan konsep kredit mikro, yaitu pengembangan pinjaman skala kecil untuk wirausahawan miskin yang tidak mampu meminjam dari bank umum.

Fokus dari Muhammad Yunus ini adalah Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) atau juga bisa disebut Bisnis Sosial, yaitu menjalankan bisnis yang tidak hanya berfokus kepada keuntungan (profit), tetapi juga pada Pemberdayaan Masyarakat dan juga Pengaruh Sosial (Social Impact).

Ia mengatakan bahwa seorang Kewirausahaan Sosial jangan hanya memikirkan omset dan profit, tetapi juga bagaimana penyelesaian terhadap masalah yang ada di kehidupan sosial, seperti kesenjangan ekonomi, pendidikan, kemiskinan, kesehatan dan juga pengangguran.

Berkat usaha nya ini, Muhammad Yunus dan Bank Gramen yang ia dirikan tersebut mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian pada tahun 2006, dan berbagai Penghargaan Internasional lainnya juga ia terima atas karyanya. Saat ini Muhammad Yunus aktif sebagai pembicara di berbagai forum ekonomi dunia serta juga di kampus-kampus, dan mendirikan Yunus Center untuk membantu para wirausahawan muda di seluruh dunia.



No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...