Sunday 30 July 2017

Sekolah alam di Green School Bali

Pernahkah teman-teman membayangkan bisa belajar di sekolah yang terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam? Serta memungkinkan kita untuk langsung belajar dengan alam tanpa takut kotor dan sebagainya? 
Teman-teman bisa coba mengunjungi Green School Bali ini untuk membuka wawasan tentang pendidikan yang berbasis alam.

  

Green School Bali merupakan sebuah Sekolah Hijau yang memiliki konsep ramah lingkungan dan hampir semua bahan bangunannya menggunakan bahan-bahan alam seperti bambu, alang-alang, dan tanah liat. Sekolah ini didirikan oleh John Hardi, seorang warga Kanada yang sudah lama menjalankan bisnisnya di Bali.

Sekolah ini merupakan salah satu sekolah paling unik di dunia, karena menggunakan konstuksi bambu yang ramah lingkungan. Selain itu, sekolah ini tidak menggunakan listrik secara langsung, pemasukan listriknya berasal dari hasil Bio-gas yang terbuat dari kotoran hewan. Sementara untuk pendingin udara mereka menggunakan kincir angin melalui terowongan bawah tanah.

Dalam komunikasi sehari-hari sekolah ini menggunakan bahasa Inggris, karena 80% anak-anak yang belajar disana merupakan anak-anak ekspatriat atau bule-bule yang tinggal di Bali. Sisanya merupakan anak-anak Bali yang mendapatkan beasiswa dari pendonor.


Selain belajar formal, anak-anak disana juga diajarkan organic garden. Mulai dari menanam padi, beternak sapi, memetik buah coklat, dan  banyak lagi. Hal ini berguna buat pengembangan kreativitas mereka karena langsung praktek belajar dengan alam serta meningkatkan kesadaran mereka untuk mencintai dan merawat lingkungan di sekitar mereka. 

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...