Friday 28 July 2017

Apa itu Recommendation Letter

Reccommendation Letter atau surat rekomendasi adalah surat yang dikeluarkan oleh dosen, professor, kepala jurusan, dekan, atau atasan (bagi yang sudah bekerja) yang isinya menjelaskan evaluasi dan kesan selama kita bekerja atau berada dibawah bimbingan mereka. Bagi mahasiswa surat rekomendasi ini sangat penting, baik untuk mendaftar kuliah ataupun juga beasiswa. 

Beberapa universitas di beberapa negara memiliki syarat dan jumlah yang berbeda dalam hal persyaratan pengumpulan surat rekomendasi. Bahkan ada universitas yang bahkan meminta 2-3 surat rekomendasi dari dosen maupun atasan bagi yang sudah bekerja. 


Penulisan surat rekomendasi memiliki format yang bebas, meskipun ada beberapa universitas yang sudah menetapkan format baku. Untuk format yang baku, format surat yang sudah disiapkan oleh universitas ini akan dikirimkan via email untuk diisi oleh dosen atau atasan kita, dan berikutnya akan dikirimkan kembali ke pihak universitas. 

Dalam penulisan surat rekomendasi ini format bebas dianggap lebih nyaman karena sifatnya yang lebih fleksibel dan satu surat rekomendasi yang dibuat bisa digunakan untuk apply di beberapa tempat.

1. Ajukan Surat Permohonan, baik itu secara lisan maupun tulisan kepada orang yang ingin dimintai surat rekomendasi.
Terangkan dengan jelas maksud dan tujuan kita meminta surat rekomendasi, berikut tempat tujuan dan jurusan yang diinginkan. Ada baiknya langsung berdiskusi dengan mereka terkait apa yang kita inginkan tercantum dalam surat rekomendasi.

2. Karena Dosen atau Profesor adalah orang yang sibuk, tanyakan apakah sebaiknya kita harus menyiapkan draft terlebih dahulu.
Cara ini meringankan sekaligus menghemat waktu jika dibandingkan harus menunggu mereka meluangkan waktu untuk membuatnya.

3. Karena begitu banyaknya mahasiswa yang meminta surat rekomendasi, menjadi hal yang tidak mudah bagi Dosen atau Professor untuk mengetahui track record masing-masing mahasiswanya.
Ada baiknya kita terlebih dahulu menyampaikan tujuan pengajuan surat rekomendasi, kemampuan yang dimiliki yang membedakan kita dengan yang lain, serta kapan surat rekomendasi ini harus dikirimkan dan kepada siapa. Siapkan juga CV, transkrip nilai, serta esai yang digunakan untuk mendaftar kuliah. Lakukan semua persiapan ini didepan demi mempercepat proses penilaian oleh dosen.

Dalam penulisan surat rekomendasi, ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar isi surat dapat secara optimal meliputi maksud dan tujuan pembuatan rekomendasi. Karena surat rekomendasi menjadi salah satu factor diterima atau tidaknya kita di universitas tujuan, penting bagi kita untuk mencermati poin-poin dibawah ini:
  • Mencantumkan posisi dari pemberi rekomendasi (Professor, Dosen, Manager, dll)
  • Seberapa lama pemberi rekomendasi mengenal kita
  • Rekomendasi berisi kualifikasi dan kelebihan kita yang menonjol 
  • Garansi dari pemberi rekomendasi bahwa kita akan menyelesaikan kuliah dengan baik
  • Manfaat kita meneruskan studi bagi masyarakat atau perusahaan
  • Mencantumkan tanda tangan, kontak, dan posisi
Itulah tips-tips Recommendation Letter yang telah disusun oleh Tim Inspirabook, share ke teman-teman yang lainnya ya agar mereka dapat manfaatnya juga. 




No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...