Sunday 23 April 2017

7 Kebiasaan Manusia Paling Efektif

Semangat senin teman-teman Generasi Belajar. Semangaat menjalani awal minggu ini.

Kita sedikit review ya salah satu Buku Leadership dan Pengembangan Diri karya Stephen R Covey, yang berjudul “7 Habits of highly Effective People”. Yang artinya “7 Kebiasaan Manusia Paling Efektif”.

Karna setiap perilaku kita sehari-hari itu berasal dari kebiasaan (Habit) kita, dan kebiasaan kita itulah yang akan membentuk karakter kita. Maka dari itu kita harus memiliki kebiasaan yang paling efektif agar membentuk karakteristik yang baik didalam diri kita.

Habit yang pertama itu adalah: BE PROACTIVE!
“Jadilah pribadi Proaktif yang memiliki kendali terhadap lingkungan dibanding situasi sekeliling kita yang mengendalikan kita”
Disini kita harus memiliki komitmen dan kesungguhan untuk menjadi kendali, pemimpin, serta menyebarkan pengaruh baik terhadap situasi disekitar kita.
Usahakan untuk selalu berpikir positif dan solutif untuk memecahkan masalah disekitar.

Kebiasaan atau Habit yang kedua adalah: Begin With The End in Mind atau Dahulukan dengan Akhir di Pikiran.
Ini juga bisa disebut dengan MISI. Ketika memulai dengan akhir di pikiran, kita memiliki arahan pribadi yang menuntun aktivitas sehari-hari. Sebenarnya segala sesuatu itu dibuat dua kali. Kita menciptakannya pertama-tama dalam pikiran, kemudian kita mengerjakannya secara fisik.
Dalam mengembangkan pernyataan misi pribadi ini, kita bisa menggunakan kemampuan kreatif untuk men-gangankan target kita, apa yang akan kita raih di usia 30 dsb, lalu kita Visualisasi kan secara mendetail dan indah.

Ketika kita sudah Visualisasi kan akhir yang akan kita raih, saat kita sedikit keluar dari jalur, pikiran kita akan mengingatkan dan mengembalikan kita ke track yang benar, karna kita sudah punya gambaran akan garis finish-nya. 

Selanjutnya, Habit yang ketiga adalah Put First Thing First (Dahulukan yang Utama).
Disini kita akan belajar tentang manajemen pribadi, dan mengelola kebiasaan kita. Jika diambil study case seorang Programmer, maka dalam Habit 1 (Saya adalah Programmer), Habit 2 (Menulis Program), serta Habit 3 (Mengaktifkan/melaksanakan program).

Kita harus belajar manajemen waktu, serta menentukan skala prioritas. Skala prioritas disini terbagi dalam 4 Kuadran, dimana Kuadran I dan II kategori nya PENTING, serta Kuadran III dan IV kategorinya TIDAK PENTING.
Kuadran I bersifat URGEN, seperti krisis, masalah yang mendesak, serta proyek terbatasi waktu
Kuadran II termasuk TIDAK URGEN, seperti pencegahan, membangun hubungan, membaca peluang baru, serta perencanaan/planning.
Kuadran III, meskipun Urgen, tetapi termasuk kategori Tidak Penting, seperti interupsi, beberapa panggilan, chatting, dll.
Kuadran IV merupakan Tidak Penting dan Tidak Urgen, seperti hal sepele, mengisi waktu, aktivitas menyenangkan, dll.

Disini kita harus bijak dalam menentukan prioritas. Lupakan Kuadran III dan IV yang tidak penting, Dahulukan menyelesaikan masalah Urgen di Kuadran I, sehingga kita bisa dengan nyaman melakukan rencana pada Kuadran II.

No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...