Wednesday 21 June 2017

Referensi Kuliah di Afrika dan Mesir

Kuliah di Afrika

Kuliah di Afrika? Pernahkah terbesit di benak teman-teman untuk melanjutkan pendidikan disana? Dan sudah siapkah teman-teman untuk menghadapi berbagai macam keunikan alam, budaya, serta keberagaman flora dan fauna disana?

Ya, beberapa Negara di Afrika belakangan ini mengalami kemajuan pesat di bidang perekonomian dan pendidikan. Dan beberapa kota seperti Cape Town dan Johannesburg sudah termasuk kota yang modern saat ini. Selain kuliah, teman-teman juga bisa langsung melakukan riset dan pembangunan terhadap daerah-daerah yang ada disana.

Berikut ini adalah regerensi kampus terbaik yang ada di Afrika:
1. University of Cape Town (UCT), Cape Town
2. Universitas Witwatersrand (WITS), Johannesburg
3. Stellenbosch University, Western Cape
4. Rhodes University, Eastern Cape
5. University of The Free State, Bloemfontein
6. University of Kwazulunatal, Durban
7. University of Western Cape (UWC), Cape Town
8. University of Johannesburg (UJ), Johannesburg
9. Cape Peninsula University of Technology (CPUT), Cape Town
10. University of Pretoria (UP), Pretoria


Kuliah di Mesir

Mesir merupakan Negara yang termasuk didalam benua Afrika, namun letak geografisnya yang sangat dekat dengan Timur Tengah membuat Negara ini berbeda dengan Negara Afrika lainnya.

Teman-teman yang ingin belajar Islam lebih dalam, sangat cocok memilih Mesir untuk melanjutkan pendidikan tingginya. Selain itu, teman-teman juga akan belajar budaya yang memiliki sejarah panjang dikarenakan daerah ini kaya akan sejarah kuno (seperti Piramid dan Sphinx) serta ilmu pengetahuan.  Dengan datang ke daerahnya langsung, kita akan lebih dalam memahami tentang sejarah dan ilmu pengetahuan tersebut.

Berikut adalah beberapa fakta lainnya tentang kuliah di Mesir:
1. Banyak Komunitas Indonesia di Mesir, yang akan memudahkan kita beradaptasi disana serta tidak akan merasa asing
2. Salah satu kampus favorit mereka yaitu Universitas Al-Azhar adalah salah satu universitas paling tua dengan reputasi yang sudah dikenal oleh dunia
3. Biaya hidup di Mesir, kurang lebih sama dengan biaya di Indonesia. Meskipun makanan kesehariannya berbeda, harga sembako di Mesir tidak jauh berbeda dengan di Indonesia
4. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi di Mesir. Tapi untuk keseharian disana, istilahnya bahasa gaul di Mesir, biasa memakai bahasa Arab Amiyah


5 Universitas Terbaik di Mesir 
Jika mendengar Mesir, yang terlintas dikepala kita mungkin adalah kehidupan timur tengah, lengkap dengan hewan unta dan bangunan pyramid yang terkenal didalamnya. Tetapi Mesir lebih dari itu, mereka juga memiliki universitas yang prestasi dan kredibilitasnya diakui oleh dunia.

Berikut adalah ulasan 5 Universtas terbaik yang ada di Mesir:

1. The American University in Cairo
The University in Cairo adalah Universitas dengan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Universitas ini menyediakan pendidikan mengenai seni liberal Amerika bagi siapapun yang mengininkannya. Melalui pendidikan ini, AUC telah memberikan kontribusi yang besar bagi kehidupan intelektual Mesir

2. Cairo Univeristy
Universitas ini terletak di kota Giza, dan telah berdiri sejak 1908. Universitas Kairo merupakan kampus sekuler pertama di Mesir. Bahasa pengantar yang digunakan adalah Arab, Inggris, dan juga Prancis. Ini tergantung pada mata kuliah yang dipelajari.

3. Ain Shams University
Kampus ini sudah berdiri sejak 1950 dengan program sarjana dan pasca sarjana. Terletak di Kairo, universitas ini menjadi universitas terbaik ketiga di Mesir.

4. Al-Azhar University
Kampus ini merupakan kampus yang sangat familiar di telinga kita. Universitas Al-Azhar ini adalah pemberi gelar tertua di dunia, dan sangat erat kaitannya dengan pengkajian Islam. Selain itu, universitas yang dibangun oleh Bani Fatimiyah ini juga membuka berbagai keilmuan umum dan terapan lainnya.

5. Alexandria University
Bahasa Arabnya adalah Jami’ah Al-Iskandariyah. Universitas ini terletak di wilayah Iskandariah, dan merupakan universitas terbesar kedua di Mesir.

Negara dan Kampus manakah yang menjadi favorit dan tujuan teman-teman untuk melanjutkan pendidikan?


No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...