Thursday 1 June 2017

Tips Sederhana Belajar IELTS

Inilah tips ASYIK dan MENYENANGKAN untuk meraih SKOR IELTS tinggi. Bahkan dengan kemampuan bahasa Inggris PAS-PASAN 

*Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman lain yang sedang berjuang mencari beasiswa! Semoga mimpi mereka terwujud. 
:)

Berikut tips dari Yuliana, seorang penerima beasiswa Master dari Australia Awards Scholarship (AAS), University of Melbourne. Skor IELTS-nya sangat tinggi, mencapai skor keseluruhan 7,5. Apa rahasianya? Yuliana membagikannya di artikel ini:

Banyak yang bilang kalau IELTS itu sulit, susah dipelajari, dan banyak lagi keluhan lainnya. Bagi saya mudah? Tidak juga, saya pun juga mengalami kesulitan yang sama, saya terlanjur lebih familiar dengan soal-soal TOEFL yang punya pola dan jawabannya jelas tersurat.
Lalu apa yang saya lakukan? Berikut metode-metode yang akan saya sharing:
1. Belajarlah dari banyak sumber. Jangan lupa praktek!
Saya belajar dari sumber manapun. Buku, website, video tutorial, podcast, juga belajar dengan teman-teman saya yang native speakers. Banyak-banyak juga menonton film, terutama yang menggunakan British Accent. Harry Potter contohnya.
2. Biasakan diri dengan soal-soal IELTS. Tidak perlu terlalu serius, belajar IELTS juga bisa sambil lalu.
Saya mencoba berlatih agar soal-soal IELTS terasa familiar. Kalau sudah terbiasa, pasti jadi lebih mudah. Contohnya ketika beraktivitas yang ringan, sambil mendengarkan podcast dari BBC untuk meningkatkan kemampuan listening kita.
3. Jangan gugup, tetap tenang. Perkuat kemampuan listening.
Walaupun sudah banyak latihan, IELTS test taker bisa saja gugup karena tetap ada jenis soal yang mungkin belum pernah dijumpai. Untuk listening, bisa jadi variasi format soal yang kita terima berbeda dengan yang sudah kita pelajari. Belum lagi dengan aksen bahasa Inggris yang lebih variatif di IELTS.
4. Banyak baca, kamu akan makin mudah menaklukkan soal reading. Sering-sering latihan juga yaa.
Untuk format soal dalam reading, hal yang paling menantang adalah vocabulary dengan low frequency word. Ada beberapa kata-kata yang menjadi istilah atau jargon yang digunakan di suatu field tertentu, yang jarang kita tahu artinya.
Dalam writing dan speaking, format tesnya akan tetap sama namun tantangannya adalah topik yang digunakan bisa sangat bervariasi dan kita bisa jadi belum terlatih untuk menulis atau berbicara mengenai topik tersebut. Lagi-lagi, yang bisa dilakukan adalah belajar dan terus berlatih.
5. Percaya kalau kamu BISA menaklukkan tes IELTS dan meraih skor tinggi!
Kalau sudah mempersiapkan diri dan belajar seoptimal mungkin, yang selanjutnya dilakukan adalah percaya bahwa kita mampu berbuat yang terbaik di tes IELTS. BELIEVE IN YOURSELF. Tidak hanya dalam hal mengikuti tes, tapi dalam semua hal.

Intinya teman-teman perbanyak latihan, karna “Practice makes perfect”. Semangat yaaa


No comments:

Post a Comment

Ada yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih memperbaiki bahasa Inggrisnya?

Berikut coba kami ulas tips-tips penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris: 1.        Jangan pernah bilang tidak bisa bahas...